Sekelompok photographer satwa liar “Bandung Birding” Melakukan Observasi Di Hutan Dan kawasan Bumi Perkemahan Ranca Upas Kecamatan Rancabali.

Kab Bandndung,||KONTENJABAR.COM – Rancabali – Menurut Kang Seno selaku perwakilan dari Bandung Birding mengatakan bahwa dihutan tersebut masih banyak satwa liar terutama beberapa jenis burung endemik pulau jawa yang masih terjaga di jawa barat , salah satunya adalah jenis Javan Trogon atau biasa disebut Luntur Jawa (Apalharpactes reinwardtii). Jelas kang Seno “Rabu 24/11/2021, kepada awak Media Kontenjabar.id

Burung jenis tersebut sudah jarang ditemukan dan hampir mengalami kepunahan. Sambil mengabadikan foto burung tersebut, kami juga melakukan hal yang bersifat edukasi dan antisipasi agar tetap terjaga dan lestari.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil survei pada tahun sebelumnya, Bandung Birding mendapatkan beberapa foto jenis burung seperti Sikatan Bodoh (Ficedula hyperythra), Ciung , Robin , Sempur , Anis , Sikatan Ninon , Sikatan Kepala Abu , Kipasan dan masih banyak lagi.

Pada cuaca Bandung yang sekarang musim hujan, merupakan moment yang pas dikarenakan pada musim tersebut adalah waktu dimana burung berkembang biak bahkan ada bererapa jenis burung yang melakukan migrasi seperti Anis Siberia.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuhanan adalah perburuan, untuk itu dengan adanya komunitas seperti Bandung Birding sedikit demi sedikit mampu mengurangi perburuan dan coba memberikan edukasi pada pemburu yang ditemui akan bahaya apabila burung habis diburu. Karena apabila populasi burung sudah mulai habis makan akan mempengaruhi ekosistem dan rantai makanan. Sebagai contoh , apabila burung pemakan ulat habis diburu , maka jumlah ulat akan semakin banyak dan merusak pohon serta perkebunan masyarakat.

Vegetasi yang masih terjaga membuat berbagai jenis burung betah tinggal dihutan Ranca Upas terbukti ketika mulai masuk hutan team mendengar berbagai suara binatang dari mulai burung hingga suara tupai.

BACA JUGA  Pandemi COVID-19 Telah Memaksa Lebih dari 60 Juta Anak di Indonesia Melakukan PJJ

Di perjalanan juga ditemukan binatang langka yaitu katak daun. Bentuk dan warna yang menyerupai daun kering merupakan ciri khasnya agar tidak diketahui pemangsa. Kadang mata manusia juga sering terkelabuhi binatang tersebut.

Endingnya kembali kepada kesadaran diri kita. Jika kita mencintai alam, maka alam juga akan memberikan hal baik untuk kehidupan.

Reporter : Andriyanto
Eeitor : KRN -75

Pos terkait

Tinggalkan Balasan