Pemeriksaan Swab Bagi Ratusan ASN DI lakukan Pemkab Purwakarta

Purwakarata.Kontenjabar.id-Pemkab Purwakarta. Melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Pemkab Purwakarta melakukan pemeriksan swab bagi ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bersinggungan secara langsung dengan pelayanan publik, seperti Guru, Dishub, Satpol PP, Diskominfo dan lainnya di halaman Dinas Kesehatan di Jalan Veteran, Senin (6/7/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, dr.Deni Darmawan mengatakan pemeriksaan ini juga dilakukan untuk mengetahui level kewaspadaan Kabupaten Purwakarta terhadap penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemeriksaan swab adalah cara untuk mendapatkan sampel yang digunakan dalam metode PCR dengan menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung atau tenggorokan seseorang.

Kemudian, sampel lendir yang diambil dengan metode swab akan diperiksa menggunakan metode Polumerasi Chain Reaction (PCR). Hasil akhir dari pemeriksaan tersebut menunjukkan ada tidaknya virus corona dalam tubuh seseorang.

Pemeriksaan menggunakan metode PCR membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menunjukkan hasilnya.

Ini tergantung pada kapasistas laboratorium yang digunakan untuk memeriksa sampel.

“Pengambilan spesimen lendir menggunakan swab dan pemeriksaan PCR merupakan metode paling akurat untuk mendeteksi virus corona jenis baru yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China ini,” demikian dr.Deni Darmawan. (Mi/Kj]

BACA JUGA  Polsek Darandan Purwakarta Berhasil Ciduk Dukun Palsu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan