Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Berpesan, Pendidikan Karakter Merupakan Pedoman Wajib

KAB. INDRAMAYU,|| KONTENJABAR.COM – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil berpesan agar menjadikan pendidikan karakter sebagai pedoman utama dalam pengembangan gerakan pramuka. Pesan ini disampaikannya saat melantik Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar sebagai Majelis Pembimbing (Mabicab) Kwartir Cabang Pramuka Indramayu.

Menurut Kak Atalia, pendidikan karakter merupakan pedoman wajib dari sebuah gerakan kepramukaan. Seorang pemimpin harus mampu memimpin untuk diri sendiri (mengendalikan ego) demi melahirkan kemaslahatan bagi seluruh anggotanya.

Bacaan Lainnya

“Dari pendidikan karakter kita banyak belajar hal yang dapat menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat luas,” ujar Kak Atalia di Pendopo Kabupaten Indramayu, Kamis (31/3/2022). Selain Mabicab, Kak Atalia juga melantik Andalan dan Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Kwarcab Indramayu.

Kepada seluruh anggota pramuka Indramayu yang hadir, Kak Atalia menyebut seragam dan kacu yang dipakai harus dibuktikan dengan gerakan-gerakan yang penuh manfaat bagi lingkungan sekitar. Menurutnya, menjadi anggota pramuka memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengedukasi masyarakat dari berbagai hal.

“Di balik seragam yang kita gunakan dengan kacu yang kita gunakan mengandung tanggung jawab yang luar biasa. Itulah kenapa saya terus mendorong agar kakak semua terus menyemarakkan gelora semangat kepramukaan dengan bangga yang apa kita lakukan,” ungkapnya.

Kak Atalia mengatakan, menjadi anggota pramuka memang harus memiliki hati yang riang dan ikhlas. Maka dari itu, anggota pramuka Indramayu diharapkan harus selalu membawa suasana gembira dalam berkegiatan.

BACA JUGA  Sandiaga Uno Pimpin Minister Talk di Global Tourism Forum 2021

“Tentu kakak-kakak semua, PR-nya kita harus bisa membuat kegiatan seperti ini dengan riang gembira dengan hati yang tulus ikhlas. Agar betul-betul menghadirkan kebermanfaatan yang luas di kabupaten Indramayu ini,” sebutnya.

“Mari kita bergandengan tangan untuk menghadirkan kebermanfaatan,” pungkasnya.

Setelah melantik Mabicab, Andalan dan LPK Kwarcab Indramayu, Atalia melanjutkan kegiatannya di GOR Ewangga Kuningan dengan melantik Mabicab, Andalan dan LPK Kuningan.

Kak Atalia juga meminta Kwarcab Kuningan agar dapat menarik minat generasi muda untuk berkecimpung dalam dunia kepramukaan.

Pada kesempatan itu, Bupati Kuningan dilantik sebagai Mabicab gerakan pramuka Kuningan.

Reporter : Dede Mulyadi
Editor : Kur -75

Pos terkait