Kajati Jabar, SKP-2 Pesan Untuk Masyarakat Agar Tidak Takut Laporkan Korupsi

KOTA BANDUNG,|| KONTENJABAR.COM – Nurhayati, seorang bendahara Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjadi sorotan atas kasus yang menjeratnya. Ia ditetapkan tersangka setelah melaporkan kasus dugaan korupsi yang dilakukan Kuwu atau Kepala Desa Citemu.

Kepala Desa Citemu Supriyadi diduga melakukan korupsi Dana Desa di tahun 2018, 2019, dan 2020. Akibat perbuatannya itu, negara mengalami kerugian sebesar Rp 818 juta.

Bacaan Lainnya

Nurhayati kini telah bebas dari status tersangka yang menjeratnya setelah menerima Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) Nomor: PRINT-01/M.2.29/Ft.1/03/2022 tanggal 01 Maret 2022 dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon.

Status tersangka Nurhayati telah bebas setelah menerima SKP2 dari Kejaksaan Negeri Kab. Cirebon yang diserahkan oleh Aspidsus Kejari Kabupaten Cirebon Suwanto kepada Nurhayati (Foto: Istimewa)

Terkait Kejari Kabupaten Cirebon yang secara resmi telah mengeluarkan SKP2, yang menetapkan menghentikan penuntutan perkara pidana atas nama Tersangka N (Nurhayati). Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) Dr. Asep N. Mulyana mengungkapkan.

“Pemberian SKP2 untuk tersangka N (Nurhayati), dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan APBDes Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon merupakan pesan kuat bagi masyarakat untuk tidak takut melaporkan dan membongkar tidak pidana korupsi,” kata Kajati Jabar Asep N Mulyana, Rabu (2/3/2022) malam.

Disampaikan oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kasi Penkum Kajati Jabar) Dodi Gazali Emil, SH.,MH, melalui Siaran Pers No. PR-010L/L.2/03/202 tanggal 2 Maret 2022. Adapun barang bukti yang terkait dengan N binti R.S akan dipergunakan untuk Tersangka S bin K dengan register bukti No.RB-02/2022 dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi pada APBDes Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon Tahun Anggaran 2018, 2019 dan 2020.

BACA JUGA  Ema Sumarna Minta Pengelola Bioskop Mengatur Tempat Duduk Lebih Teliti

“Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) telah diserahkan oleh Kasi Pidana Khusus pada Kejaksaan Negeri (Kasi Pidsus) Kabupaten Cirebon Suwanto, SH kepada N binti R.S. yang didampingi oleh Penasehat Hukum Wasmin Janata pada pukul 22:00 WIB bertempat di kediaman N binti R.S. (Dusun II Gg. Kongi Rt.002/002 Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon,” ungkap Kasi Penkum Kajati Jabar.

Editor : Red – Rizal H

Pos terkait