Jelang Hari Raya Idul adha, Pembkab Bandung Periksa 500 Titik Penjualan Hewan Kurban

Kab Bandung,Kontenjabar.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pertanian (Distan), setiap tahun rutin melakukan pemeriksaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

Pemeriksaan dilakukan kurang lebih di 500 titik penjualan hewan kurban yang tersebar di wilayah Kabupaten Bandung.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah ada petanya, di mana saja pangkalan-pangkalan penjualan hewan ternak kurban. Dari 500 titik, terdapat 20 titik besar penjualan hewan,” ungkap Kepala Distan (Kadistan) Kabupaten Bandung H. A. Tisna Umaran di Tempat Penjualan Hewan Kurban di Kawasan Warung Lobak Kecamatan Soreang, Senin (20/7/2020).

Hewan yang dijual betul-betul dalam kondisi sehat dan tidak sedang menderita sakit apalagi sampai mengidap penyakit ternak berat. Untuk tahun sebelumnya, hewan yang lulus pemeriksaan diberi semacam tanda berupa label.

“Misalnya gigi depannya belum punglak (belum tanggal). Tadi kita temukan sapi yang umurnya baru satu tahun delapan bulan. Kalau sapi biasanya punglaknya itu pada umur dua tahun. Jadi kami minta kepada pemiliknya untuk tidak dijual,” lanjut Tisna.

Terkait Rumah Potong Hewan (RPH), saat ini di Kabupaten Bandung terdapat sejumlah 8 RPH berijin, baik milik pemerintah maupun swasta.

“Di tempat penjualan Pa H. Kusno ini sudah ada instalasi pemotongannya. Yang lainnya ada 2 di Baleendah, dan masing-masing 1 di Pameungpeuk, Pangalengan, Ciwidey, Nagreg serta Cikancung,” tuturnya. (Kur/ Ihsan)

BACA JUGA  Mahasiswa Telkom University Luncurkan Buku "Bukan Dilan dan Milea"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan