Bupati Nina, Perintahkan Jajarannya Bantu Ciandres Gadis Remaja Penyandang Disabilitas Asal Cidempet

INDRAMAYU,KONTENJABAR .COM –
Nina Agustina Da’i Bachtiar begitu tersentuh hatinya ketika membaca berita tentang penderitaan yang dialami Ciandres, seorang gadis remaja yang harus kehilangan kedua orangtuanya yang meninggal beberapa tahun yang lalu, sementara dirinya adalah penyandang disabilitas. Kedua kakinya tidak mampu menopang tubuhnya untuk bangun dan berjalan dengan normal.

Memprihatinkan, Ciandres yang tinggal bersama ketiga kakaknya di rumah peninggalan orangtuanya selama ini tidak memperoleh bantuan baik BPNT maupun PKH. 

Bacaan Lainnya

Seperti layaknya seorang ibu yang tidak tega melihat anaknya kesusahan, Bupati Nina segera memerintahkan jajarannya untuk membantu Ciandres. Dari Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapil), Dinas Kesehatan (Dinkes), Camat, dan Kepala Desa diminta untuk segera membantu.

Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya menyampaikan bahwa Ciandres pernah mendapatkan bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) pada tahun 2015, 2016, dan 2017. Namun pada tahun 2018 bantuan terhenti karena pengalihan program dari Dirjen Rehsos ke Dirjen Limjamsos.

“Pada tahun 2019, untuk Penyandang Disabilitas program ASPDB kembali ke Dirjen Rehsos. Alhamdulillah nama Ciandres  sudah ada dalam data dan diusulkan oleh Pendamping Disabilitas,” ujar Wulan.

Sementara itu, Camat Arahan Uus Wuspito segera melakukan koordinasi dengan Discapil untuk pengurusan administrasi kependudukan. Camat langsung membuatkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), serta membuatkan Surat Keterangan Tidak Mampu untuk mengurus persyaratan memperoleh bantuan.

BACA JUGA  Terungkap Kasus Pembuang Bayi di Pangalengan Dalam Waktu 2 Jam kurang setelah olah TKP

Pada Jum’at siang (4/2/2022), Camat Arahan Uus Wuspito didampingi Kepala Desa Cidempet dan perangkat Desa serta Pendamping Disabililtas dari Kementerian Sosial RI mengunjungi kediaman Ciandres di Blok Bonjot Rt 9 Desa Cidempet Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu.

Kepala Desa Cidempet Muhafidin menyampaikan terimakasih kepada Bupati Indramayu yang telah begitu memperhatikan warganya. Muhafidin memastikan pada tahun 2022 ini Ciandres akan memperoleh BLT DD dikarenakan usulan permohonan bantuan dari pusat masih dalam proses.

“Saya pastikan Ciandres akan memperoleh bantuan BLT dari Dana Desa,” tegas Muhafidin

Pada kesempatan itu, Camat Uus menyerahkan berkas administrasi kependudukan kepada Ciandres dan kakaknya sementara Kuwu Cidempet memberikan bantuan sembako dan juga uang.

Ditengah keterbatasannya, Ciandres dengan terbata mengucapkan terimakasih untuk Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar.

“Terimakasih Ibu Nina atas bantuannya,” ujar Ciandres dengan senyum terkembang

Editor : red -Rizal H

Pos terkait

Tinggalkan Balasan