Gempa M 6,4 Garut Terasa di Bandung Warga Benda Berjatuhan

BANDUNG,||KONTENJABAR.COM – Gempa bumi berkekuatan M 6,4 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gempa terjadi pada Sabtu, (3/12/2022) sore pukul 16.49 WIB.

Data dari BMKG, gempa terjadi pada titik koordinat 7.51 Lintang Selatan,107.52 Bujur Timur atau tepatnya 52 Km arah Barat Daya Garut. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Telah terjadi gempabumi dengan kekuatan: M 6.4, 27 km BaratDaya GARUT-JABAR, waktu gempa: 03-Des-22 16:49:41 WIB, Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI,” tulis BMKG.

Gempa M 6,4 Guncang Garut, Getaran Terasa Kuat di kabupaten Bandung!
Getaran gempa 6,4 yang mengguncang Garut juga dirasakan hingga Kabupaten Bandung.

Mulyadi yang sedang berada di sebuah kedai kopi di Margahayu , Kabupaten Bandung menuturkan, saat gempa terjadi ia melihat ada beberapa barang yang jatuh. Ia juga memperhatikan gelas-gelas yang berguncang.

“Terus denger ada barang berjatuhan, kirain memang ada barang jatuh gegara kesenggol. Terus liat air mineral di gelas ko goyang,” ungkapnya.

Kesaksian dikatakan jajang warga lainnya. Jajang mengungkapkan saat gempa terjadi ia tengah bersama keluarga di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Katapang dan Margahayu Kabupaten Bandung.

Tiba-tiba, jajang dikagetkan dengan beberapa orang yang berlarian keluar gedung karena merasakan gempa.

“Sekitar 15 detik goyang-goyang, tadinya kirain bukan gempa, tapi ngeliatin orang-orang pada keluar baru sadar ada gempa,” ungkapnya.

Menurutnya gempa membuat banyak pengunjung yang panik hingga keluar gedung, Parkiran motor mendadak dipenuhi pengunjung. Namun ada juga mereka yang cuek setelah gempa terjadi.

“Ada juga yang panik ada juga yang cuek,” singkatnya.

Getaran Kuat juga Terasa di Cimahi
Galih Prihatmojo (32), warga Cimahi mengaku merasakan getaran tersebut. Ia sedang berada di ruang tengah rumah temannya, namun tiba-tiba tanah bergetar hingga ia langsung keluar rumah.

Berita Lainnya  Bupati Bandung, Launching Maskot "Surili"PORPROV XIV ,dan Peresmian Veneu Panjat Trying 2022

“Kebetulan lagi di rumah teman, ngobrol di ruang tamu. Kaget tiba-tiba bergetar, yakin itu gempa saya langsung keluar,” kata Galih

Ia mengatakan langsung dibuat lemas usai merasakan getaran gempa tersebut. Apalagi belum usai berita mengenai musibah di Cianjur yang juga diakibatkan gempa bumi.

“Karena bencana di Cianjur, sekarang agak lebih parno. Jadi mungkin lebih sensitif waktu merasakan gempa,” tutur Galih.

Gempa Bumi M 6,4 Guncang Garut, Belum Ada Laporan Kerusakan
Kekagetan akibat getaran gempa juga dirasakan Rizaldi (27). Warga Margahayu itu juga merasakan guncangan gempa yang sangat kuat.

“Iya guncangannya kencang banget tadi, posisi memang lagi di rumah karena habis hujan. Jadi resah sekarang soalnya agak sering ngerasain gempa setelah kejadian Cianjur,” kata Rizaldi.

Reporter : Gugum Ganjar W.
Editor : Kurniawan

banner 300x250

Pos terkait